Ini Hal yang Harus Dihindari Ketika Memilih Jurusan Kuliah

waktu baca 3 menit
Para calon mahasiswa yang hendak memilih jurusan kuliah tak jarang mencari tahu tips. Namun, ada yang tak kalah penting, yakni menghindari beberapa hal tidak perlu/ (Pixabay/sasint)

Jakarta, GEN- Para calon yang hendak tak jarang mencari tahu tips. Namun, ada yang tak kalah penting, yakni menghindari beberapa hal tidak perlu.

Memilih jurusan bukan hal yang sulit, juga tidak terlalu mudah. Sebab, harus memperhatikan keuntungan dan konsekuensi pilihan.

Mengapa demikian? Karena jurusan kuliah yang sesuai dengan minat terkadang pospek kerjanya kurang menarik. Begitu pula sebaliknya, jurusan dengan bidang yang kurang menarik, namun kemampuan anda cukup baik di sana.

Baca Juga: Begini Tips dan Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Itu sebabnya anda harus memperhatikan keuntungan dan kensekuensi pilihan. Selain itu, anda jangan sampau lupa ada beberapa hal yang harus dihindari ketika memilih jurusan kuliah.

Berikut adalah hal yang harus dihindari ketika memilih jurusan kuliah;

1. Memilih kuliah hanya karena prospek masa depan

Hal yang wajar jika anda disarankan untuk mengambil Jurusan Akuntansi, Aktuaria, Bea Cukai maupun jurusan-jurusan kuliah lain yang terkait dengan keuangan sering dianggap berprospek cerah.

Beberapa jurusan memang membekali kita dengan ilmu, kemampuan, dan kecakapan untuk menyandang profesi tertentu – seperti akuntan, aktuaris, atau pegawai bea cukai pada contoh di atas. Namun, bukan berarti kemampuan pada bidang tersebut itulah yang semata-mata membuat kita mendadak sukses di masa depan.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan karier seseorang. Jurusan kuliah dan prospek yang ditawarkannya tak sesederhana penambahan bilangan bulat. Memilih jurusan kuliah yang membuat orang lain tampil mentereng takkan serta merta membuat masa depan kita sama cerah berkilaunya. Kembali lagi kepada usaha yang anda lakukan semasa kuliah dan saat lulus nanti.